belajar wordpress yuukkkkk…

Posted: February 17, 2012 in modifikasi

cara menulis artikel di wordprees

Kali ini kita akan membahas tentang inti, jantung, nyawa dari sebuah blog, yaitu Artikel. Bagi kebanyakan yang mulai belajar wordpress masih saja ada yang kerepotan dan bertanya Bagaimana cara membuat artikel wordpress ?

apa yang akan dipaparkan ini berlaku untuk semua tipe wordpress, baik wordpress.com maupun wordpress.org. Jika masih belum mengerti perbedaan antara keduanya, anda bisa lihat di artikel beda wordpress.com dengan wordpress.org

Mengapa Membuat Artikel WordPress itu sangat mudah ?

Karena alasan utama dibuatnya wordpress memang diperuntukan untuk blogging dimana kita sangat dimudahkan untuk posting sebuah artikel.

Alasan lain adala karena wordpress menggunakan editor WYSIWYG! wah mbulet kata-katanya. WYSIWYG adalah singkatan dari What You See Is What You Get, kalau dibahasa lokalkan menjadi Apa yang kamu lihat adalah apa ayng kamu dapatkan. Mudahnya editor ini mirip dengan text editor di Microsoft Word.

Misalkan kita butuh untuk menebalkan sebuah kata atau kalimat, maka cukup klik B pada editor toolbar, huruf miring tinggal klik I (italic), dan masih banyak lagi. Berikut ini akan menjelaskan tentang fungsi-fungsi utama yang ada pada halaman Add New Article.

Keterangan

1. Klik Add New untuk membuat artikel baru
2. Judul Artikel
3. untuk mengganti permalink jika alamat link anda tidak ingin sama dengan judul
4. Untuk Memasukan Media seperti gambar, video, audio, maupun media lainnya
5. Visual merupakan apa yang akan dilihat user pada artikel kita, sedangkan mentahnya anda bisa lihat sendiri di tab HTML. Di editor WYSIWYG secara tidak sadar sebenarnya anda telah mengetikan sebuah artikel denan format HTML.
6. Nah ini editor seperti yang dibahas di atas tadi, anda dapat menambahkan format cetak tebal, miring, rapi kanan, rapi kiri, warna text, undo, redo, dan lain sebagainya. Silahkan dicoba sendiri-sendiri🙂 .
7. Merupakan area utama dalam pembuatan artikel, anda bisa mulai menuliskan artikel anda seperti anda menulis di microsoft word.
8. Tags adalah pembeda ataupun pengait. wah sedikit teknis ini harusnya untuk menjelaskannya, tapi anda bisa membacanya lebih detail di postingan struktur artikel wordpress
9. Save Draft berfungsi jika misal kita belum meyelesaikan artikel dan kita ingin menyimpanya tanpa ditampilkan di blog kita agar tidak terbaca oleh pengunjung.
10. Preview, jika anda ingin melihat hasil ketikan artikel anda jika ditampilkan di blog (dalam mode ini pengunjung juga masih belum dapat melihat hasil postingan anda0
11. disini ada 3 menu, yaitu Status ( ada draft dan pending review, kedua fungsi ini hampir sama), Visibility (Public untuk memperlihatkan artikel pada semua pengunjung blog, Password Protected untuk hanya menampilkan postingan bagi orang yang mengetahui pasword yang telah anda buat, private khusus yang dapat melihat jika anda login sebagai admin) terakhir adalah Publish untuk mensetting kapan artikel anda akan mulai ditampilkan, jika immediately akan ditampilkan secara langsung saat anda mengklik Publish)
12. Move to trash untuk menghapus tulisan yang sedang anda edit
13. Pengelompokan berdasarkan kategori tulisan.

cara-membuat-artikel-wordpress
Yah, secara garis besar 13 point diatas merupakan tonggak utama jika kita membuat artikel di wordpress. Jika anda ada pertanyaan seputar cara membuat artikel wordpress di atas silahkan tinggalkan komentar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s